Rubber untuk Vibration pada pondasi Coal Mill Boiler Machine - Kramed | Karpet Sapi, Karpet Pick Up, Playground, Jogging Track, Rubber Crumb

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, November 16, 2020

Rubber untuk Vibration pada pondasi Coal Mill Boiler Machine

 


         Coal Mill Boiler merupakan mesin atau alat untuk menggerus batu bara sehingga menjadi serbuk yang berukuran mesh 200. dan pada akhirnya serbuk batu bara ini dari akan dialirkan menuju burner    (mesin pembakar), dengan dengan cara dihembus udara primer. Mesin Burner ini nantinya digunakan untuk pembakaran tungku penghasil uap di pembangkit listrik tenaga batu bara .
mesin Coal Mill sangat penting dari bagian Power plant

Start Up Sequence of a Loesche Coal Mill

          Dalam membuat pondasi Coal Mill boiler tentunya sangat berisiko bila tidak bertumpu pada ahlinya atau konsultan, karena untuk pembuatan pondasi Coal Mill boiler bukan saja hanya bertumpu pada struktur beton saja, tetapi ada yang perlu diperhatikan yaitu penunjang lainnya yaitu penahan getaran yang terbuat material elastis dan kuat agar getaran tsb tidak mempengaruhi banyak terhadap pondasi. Material yang sering dipakai adalah rubber , dimana ada 2 type rubber yang sering dipakai yaitu type  Karet Sintetis dan type karet Alam 
\


           Rubber dapat digunakan sebagai bantalan atau isolator getaran pada pondasi mesin, termasuk mesin boiler dan coal mill. Penggunaan rubber untuk mengurangi getaran dan meredam suara dari mesin tersebut memiliki beberapa keuntungan, antara lain:
1. Penyerapan Getaran: Rubber memiliki kemampuan alami untuk menyerap getaran, sehingga dapat membantu mengurangi getaran yang dihasilkan oleh mesin saat beroperasi. Ini dapat mengurangi risiko kerusakan pada struktur bangunan di sekitarnya dan memperpanjang umur pakai mesin.
2. Perlindungan Terhadap Struktur: Dengan meredam getaran yang ditransmisikan ke pondasi dan struktur bangunan sekitarnya, penggunaan rubber dapat membantu melindungi pondasi dan struktur dari kerusakan akibat getaran yang berlebihan.
3. Reduksi Suara: Selain mengurangi getaran, rubber juga dapat membantu meredam suara yang dihasilkan oleh mesin, sehingga mengurangi tingkat kebisingan di sekitar area kerja. Ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman bagi operator dan orang di sekitarnya.
4. Kemampuan Penyesuaian: Rubber dapat menyesuaikan diri dengan berbagai beban dan kondisi operasional, sehingga dapat digunakan secara efektif dalam berbagai aplikasi dan lingkungan.
5. Ketahanan terhadap Lingkungan: Rubber memiliki sifat tahan terhadap cuaca dan lingkungan yang keras, sehingga dapat bertahan dalam kondisi yang keras di sekitar mesin boiler dan coal mill.

Rubber Vibration Pads pada Construction dan Industry
        Bantalan Getaran Karet di Konstruksi dan Industri terbuat dari Neoprene / EPDM / karet alam multilayer dengan atau tanpa baja lembaran ( non inlay ), dibuat dengan melalui tekanan mesin Hidrolik secara vulkanisasi. Material ini memiliki kekakuan vertikal yang cukup tinggi sehingga mampu untuk mendukung beban vertikal berat, dan dapat memberikan tekanan super struktur ke abutment. Pemakaian Elastomeric Bearing Pads merupakan  aplikasi yang semakin hari semakin dibutuhkan dalam industri konstruksi saat ini sebagai salah satu komponen pada pondasi mesin.



Aplikasi.
      Bantalan Getaran Karet dalam Konstruksi dan Industri dapat digunakan untuk struktur baja, struktur beton pracetak, pelat beton standar, dan di mana saja yang memerlukan isolasi vibratuin. Jenis bantalan ini sangat efektif dengan adanya camber dan rotasi yang menyebabkan pembebanan tegangan tinggi pada bantalan. Jenis bantalan ini memberikan solusi ekonomis yang sangat baik untuk aplikasi di mana gerakan struktur, longitudinal, transversal, dan rotasi kecil, menyediakan isolasi getaran dan umumnya mudah dipasang.

        Dalam pembuatan industri manufaktur atau pabrik, tentunya salah satu peranan penting adalah pembuatan pondasi untuk menopang mesin-mesin berat seperti Coil Mill, Boiler Machine, Storage dsb.  Tentunya diantara pondasi dan mesin-mesin tsb diperlukan penahan getaran , agar getaran tsb tidak merusak pondasi atau peralatan di sekitarnya
         Peranan penahan getaran tersebut harus sesuai pemakaiannya, diantaranya bahan yang elastis dan kuat, salah satunya adalah rubber yang dibuat khusus. 

Arrangement Plant of Coal Mill Foundation

        Pondasi bangunan adalah konstruksi yang paling terpenting pada suatu bangunan. Karena pondasi berfungsi sebagai "penahan seluruh beban yang berada di atasnya dan gaya – gaya dari luar". pondasi merupakan bagian dari struktur yang berfungsi meneruskan beban menuju lapisan tanah pendukung di bawahnya. Dalam struktur apapun, beban yang terjadi baik yang disebabkan oleh berat sendiri ataupun akibat beban rencana harus disalurkan ke dalam suatu lapisan pendukung dalam hal ini adalah tanah yang ada di bawah struktur tersebut. Beton bertulang adalah material yang paling cocok sebagai fondasi untuk struktur beton bertulang maupun bangunan baja, jembatan, menara, dan struktur lainnya. Beban dari kolom yang bekerja pada fondasi ini harus disebar ke permukaan tanah yang cukup luas sehingga tanah dapat memikul beban dengan aman. Jika tegangan tekan melebihi tekanan yang diizinkan, maka dapat menggunakan bantuan tiang pancang untuk membantu memikul tegangan tekan pada dinding dan kolom pada struktur...Wikepedia
     Pada beberapa pondasi yang didesign khusus untuk mesin besar dan berat tentunya memiliki getaran sehingga diperlukan penyangga pembantu yaitu rubber khusus. Tentunya rubber ini memiliki campuran yang sudah di formulasi . Rubber ini harus dapat memenuhi standar dari hasil laboratorium yang memadai , sehingga rubber ini bisa dipakai untuk dapat menahan getaran dan memiliki isolasi khusus 
                Untuk memenuhi Spesifikasi standar dari hasil laboratorium tersebut diantaranya :

1. Hardness , Shore A                            dengan Test Method ASTM D.2240-05(ra2010)
2. Tensile Strength, Mpa ≥ 18 mpa        dengan Test Method ASTM D.412-06ae2
3. Elongation at break ≥  400 %        dengan  Test Method ASTM D.2240-05(ra2010),
4. Tear Strength, kN/m                          dengan Test Method ASTM D.624-00(ra2012)
5. Compression Deformation ≤ 35 %    dengan Test Method ASTM D.395-03(ra2008)
6. Ozone resistance 100 pphm,              dengan Test Method ASTM D.1149-07(2012)
7. Specific Gravity 1.60 ± 5%

Sampel Uji Laboraterium
fungsi rubber untuk foundation
        Fungsi Rubber untuk pondasi , khususnya mesin yang memiliki getaran sangat kuat dapat merusak pondasi sehingga dapat meruntuhkan atau merusak beban diatasnya, hal ini dapat dilihat pada konstruksi pondasi mesin boiler, dimana rubber bearing pad dapat meredam getaran tsb bila tidak memakai rubber 



Informasi lebih lanjut :








No comments:

Post a Comment